STT-Payakumbuh Adakan Workshop Perancangan Model dan Proteype Berbasis IoT

Workshop 4.0 3

 

 

 

 

 

 

 

Sekolah Tinggi Teknologi Payakumbuh kedatangan tamu dari PT. Palipi Esbeem Innov yang bergerak di bidang teknologi yang sudah berbasis industry 4.0, dimana saat ini industry 4.0 sangat berkembang pesat dan dibutuhkan oleh masyarakat umum. Dengan kemajuan industy 4.0 tersebut kampus STT-Payakumbuh siap untuk mencetak lulusan yang akan mempunyai skill untuk bisa bersaing di dunia kerja nantinya yang sudah berbasis 4.0.

Workshop 4.0 4

Program Studi D3 Komputer beberapa tahun kebelakang sudah belajar membuat dan mendesain project berbasis Internet of Things (IoT) di bawah bimbingan bapak Noviardi, ST, IMIM dengan mata kuliah Microcontroller, untuk memantapkan ilmu yang di pelajari di dunia pendidikan dengan dunia kerja maka dari itu pihak kampus STT-Payakumbuh mengadakan workshop dengan tema ” Perancangan Model dan Prototype Berbasis IoT ” yang berlangsung selama 2 hari di labor Elektronika Dasar dengan nara sumber langsung komisaris PT.Palipi Esbeem Innov Bapak JANNEN SIAHAAN dan Bapak DIDI SISWANDI.

Workshop 4.0 2

Hari pertama workshop di buka langsung oleh ketua STT-Payakumbuh Ibuk Dr. Astuti Masdar, ST, MT di dampingi oleh Pembantu Ketua II Bapak Zulkifli, M.Kom dan Ketua Prodi D3 Komputer Bapak Lilik Suheri, M.Kom, Nara Sumber menjabarkan betapa pentingnya dan besarnya manfaat IoT bagi kelangsungan industry di masa yang akan datang, dengan adanya kemajuan teknologi saat ini, kita bisa mengontrol semua perangkat yang terhubung ke jaringan internet walaupun dimana kita berada.

Workshop 4.0 1

Hari kedua semua peserta merakit dan membuat design sebuah alat yang dapat mengetahui perkiraan berat badan sapi dengan hanya mengetahui panjang badan dan lingkar dada, sehingga dengan cukup menggunakan alat tersebut maka si pemilik sapi akan mengetahui berapa berat badang sapi waktu di beli dan waktu di jual, serta bisa juga nanti dihubungkan menggunakan ke database sistem, sehingga dapat di ketahui :

  1. Dapat mengetahui berat badan sapi waktu di beli dan di jual
  2. Dapat mengambil langkah apabila nanti berat badan sapi menurun waktu di timbang sehingga dapat secepatnya dilakukan pemeriksaan kepada sapi.
  3. Pemerintah dapat mengetahui nantinya berapa kebutuhan daging untuk masyarakat
  4. dan masih banyak kegunaan lainnya.

Workshop 4.0 3