Tlp: (0752) 796063 | Alamat: Jl.Khatib Sulaiman Sawah Padang 

Fakultas Teknik Universitas Andalas Jalin Kerjasama dengan Sekolah Tinggi Teknologi (STT) Payakumbuh


Padang – Fakultas Teknik Universitas Andalas dan Sekolah Tinggi Teknologi (STT) Payakumbuh jalin kerjasama tentang pentingnya peningkatan mutu pendidikan. Kerjasama ini dikukuhkan dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara kedua institusi pada Kamis (20/4) di Ruang Sidang Dekanat Kampus Limau Manis Padang. Kerjasama ini ditandatangani langsung oleh Dekan Fakultas Teknik Universitas Andalas, Ir. Insannul Kamil, M.Eng., Ph.D dan Ketua Sekolah Tinggi Teknologi (STT) Payakumbuh, Dr. Astuti Masdar, ST, MT., IPP

Dalam sambutannya Dekan Fakultas Teknik Universitas Andalas memaparkan tantangan Perguruan Tinggi itu kedepan adalah bagaimana mutu bisa ditingkatkan, karena mutu saat ini ternyata sangat berkaitan dengan daya saing. Jadi omong kosong kita berbicara daya saing jika mutu tidak diselesaikan. Instrument mutu itu ternyata ada 2 bagian yaitu Kreativitas dan Produktivitas. Daya saing ternyata dihela juga oleh inovasi. Berbicara mutu yang baik tidak bisa juga dilakukan jika daya saingnya tinggi karena ada instrument inovasi setelah itu. Setelah inovasi kita baru bisa bicara tentang daya saing pendidikan tinggi, tidak mungkin tiba-tiba kita bisa melonjak.

Lebih lanjut ia menambahkan mutu pendidikan tinggi itu harus berjalan dengan baik. Majunya Fakultas Teknik Universitas Andalas itu bukan karena sendiri tetapi memang punya kolaborasi yang begitu banyak dengan Perguruan Tinggi dan Institusi yang lain, bukan hanya dilevel lokal atau regional tetapi juga Internasional.

Sementara itu, Dr. Astuti Masdar, ST, MT, IPP selaku Ketua dari STT Payakumbuh mengatakan bahwa syarat-syarat untuk pengembangan mutu pendidikan, masih banyak yang harus diperbaiki, terutama pada kegiatan mahasiswa yang lebih mengarah kepada prestasi mahasiswa. Untuk itu ia berharap Fakultas Teknik Universitas Andalas agar dapat memberi bantuan dalam bentuk pelatihan, bagaimana cara menemukan gagasan-gagasan atau ide baru guna membuka wawasan mahasiswa tersebut. Selain itu bagaimana cara memajukan dalam peningkatan mutu akademik agar dapat tercapai dengan maksimal. Mudah-mudahan ini bukan hanya sekedar isu saja, tetapi bisa memajukan mahasiswa dalam berpartisipasi dalam menciptakan generasi muda yang berkualitas dan dapat mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan.

Kegiatan ini diakhiri dengan penyerahan cenderamata dari masing-masing Institusi dan foto bersama

Link beritanya dapat anda akses di sini